oleh

Asal Usul Riwayat Mama Zibja Alias Mama Bojong

infosembilan – Cianjur | Satu Lagi Makam Keramat yang ada di Kampung Kemuning, Desa Karang Nunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Yaitu makamnya Mama Haji Zibja (mama bojong) Bin M Abdurohman, Bin M Tubagus M Au’ud bin Tubagus M Tohir bin syekh Maulana Mansyur Cikadueun Banten.

Menurut turunan ke lima, yaitu Ustad Dindin Yusuf Sufyandi (42), Makam yang ada dikampung Kamuning, Desa karang Nunggal, yaitu nakamnya dikenal Baing Bojong’, Nama Aslinya Mama Haji Zibja. Ungkapnya ditempat Makom mama Bojong.

” Baing Bojong, dulunya merupakan pemuka Agama keturunnan ke empat dari Mama Cikadueun Banten, kebetulan Mama Bojong dulu pernah buka pesantren dikampung sini, malah Beliau yang pertama kali membuka perkampungan ini,” kata Ustad Dindin, Senin (30/8/2021).

Dindin menerangkan, beliau adalah tokoh ulama termasyhur pada saat itu. Nah mama Bojong merupakan seorang penyebar agama Islam turun ke empat, dari syekh Maulana Mansyur cikadueun.

“Mama Bojong, masih satu keturunan juga dengan mama ciajag, mama cipaku. Ada keterkaitan dengan mama padakati warungkondang,” ujarnya.

Menurut ustad Dindin, Dulu Beliua pernah membuka pesantren dikampung Kemuning ini, tapi dihanguskan oleh koronial Belanda.

” Alhamdulillah Sampai saat ini makam mama Bojong masih saja ada yang menziarahi walupun makam nya ditengah-tengah pepohonan yang lebat,” terang ustadz Dindin.

Rata-rata yang datang ziaroh kesini masih keturunan dan masyarakat Umum,banyak juga peziarah yang dari luar kota Cianjur, dan mereka sampai ada yang bermalam.

Mereka melakukan Berzikir dan membacakan ayat kursi. Serta mendoakan para Aulia, para Ulama terdahulu.

” Harapan saya, Mudah-mudahan kedepannya fasilitas akses jalan jadi bagus, serta adanya tempat yang layak untuk para peziarah,” pungkasnya.

Penulis : Bah Andri
Editor : Red

pasang iklan anda

Komentar