oleh

Bertahan Hidup, Pedagang Bubur Ayam Harapkan Situasi Kembali Normal

-LAPAK UMKM-108 views

CIANJUR – Pelaku usaha bubur ayam yang beralamat di Kampung Gununglanjung, RT 03/04, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, mengharapkan situasi kembali normal, pasalnya hasil penjualan saat ini mengalami penurunan.

Hal tersebut diungkapkan Eem (52) bahwa hasil penjualan saat ini lagi menurun, bubur ayam lagi sepi pembeli, biasanya sebelumnya dua tahun yang lalu sehari saja bisa habis mencapai 3/4 kilo beras, setiap hari nya sekarang hanya sekitaran 1/2 kilo saja.

“ Karna persaingan ketat menjadi bertambah pedagang bubur ayam, otomatis pembeli menjadi berkurang ditambah perekonomian belum normal, imbasnya menjadi berkurang sepi pembeli,” keluhnya.

Eem menuturkan, ditahun sekarang ini penjualan sangat sepi, bahkan suka tekor belanja modal sekitar 100 ribu perhari, ditambah minyak goreng, kacang kedelai kerupuk bumbu masak pada naik tidak seimbang, ya intinya namanya jual beli seperti itu, apalagi sekarang saat ini prekonomian belum stabil.

” Dua puluh lima tahun saya berjualan, mungkin kelihatannya mampu juga harus berjuang keras, demi memenuhi kebutuhan hidupi lima anak, walaupun semuanya sudah pada kerja, tapi masih tangung jawab kebutuhan orang tua sepanjang masa,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama berjualan baru kali ini menurun pendapatan, yang biasa pendapatan 300 ribu per-hari bisa menabung membiyayai sekolah SMA sampai lulus waktu itu, sekarang pendapatan dari pagi sampai malam 150 ribu, bisa untuk makan sehari-hari juga Alhamdulilah, kadang banyak yang tersisa menjadi berkurang pendapatan.

” Artinya bukan tidak ada pembeli, tapi situasi sekarang ini pelanggan bubur ayam lagi sepi harga jual per-mangkuk 5000, padahal relatiep murah,” ujarnya, saat ditemui Infosembilan, Selasa (22/3/2022) pagi.

Berharap mendekat puasa romadon, ada yang peduli dari pihak pemerintah setempat ataupun pemerintah daerah bantuan berupa materi ataupun sembako.

“ Dan bisa melihat mana yang sangat membutuhkan suntik modal, minimalnya untuk penambahan jualan berganti yang lain menuju bulan puasa romadon tiba,” Tutup Eem, singkat.

(Ded Rrh)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer