oleh

BHSM Geber Program Kerja 100 Hari di Kadupandak

-PEMERINTAH-69 views

CIANJUR – Program kerja 100 hari pertama, Bupati dan Wakil Bupati Cianjur H. Herman Suherman – TB. Mulyana Syahrudin (BHSM), menyambangi Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan launching program Pandanwangi dan Dawala, Selasa (8/6/2021).

Program Pandanwangi salah satu program pada minggu pertama 100 hari BHSM, yang berisi pelayanan cepat terkait administrasi kependudukan, seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan KIA.

Adapun program Dawala adalah akronim dari Datangi Warga dan Layani, berupa pelayanan kependudukan bagi warga rentan.

” Seperti ODGJ, Lansia dan Disabilitas,” kata Bupati Cianjur Herrman Suherman.

Setelah pasca pelantikan BHSM sempat menyempaikan Visi dan Misi serta Program Kerja 100 Hari Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, dalam Rapat Paripurna DPRD Cianjur, di Gedung DPRD Cianjur.

Herman menegaskan bahwa untuk lima tahun kedepan, pihaknya telah memiliki visi besar melakukan percepatan pembangunan di wilayahnya yakni Cianjur Manjur (Maju, Mandiri, Religius) dan Berakhlak Mulia.

“Visi kami pertama antara lain Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, produktif, bertakwa dan berakhlak mulia menyambut era society 5.0,” katanya.

Ia menambahkan, Visi kedua mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal, yang mandiri dan berdaya saing.

” Sesuai dengan era industri 4.0,” sambungnya.

Lalu kata Bupati, visi Cianjur ketiga adalah melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk mengurangi kesenjangan serta mendukung peningkatan dan pemerataan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“ Keempat peningkatan pengelolaan dan perlindungan sumber daya alam untuk menjamin keseimbangan alam untuk menjamin keseimbangan dan kelangsungan lingkungan hidup,” terangnya.

“ Pemantapan reformasi birokrasi dan transformasi birokrasi pemerintahan untuk menjamin terciptanya pelayanan publik yang semakin baik, profesional, efektif dan efisien serta adaptif menuju era governance 3.0 merupakan visi Cainjur kelima,” paparnya.

Dijelaskan Herman, dalam rangka melakukan percepatan pelaksanaan program kerja 100 hari pihaknya, telah membagi beberapa rumpun kegiatan yang meliputi rumpun pelayanan publik (reformasi birokrasi) melalui sejumlah kegiatan, antara lain seperti Pandanwangi dan Dawala.

“ Ada Sijempol (sistem perijinan jemput bola untuk warga). Nah, kegiatan ini akan dilaksanakan pada minggu ke 2, sekitar bulan juni 2021,” ucap Herman Suherman.

Selanjutnya rumpun nilai-nilai religiusitas, kegiatan yang akan dilaksankan adalah pare ketan (peraturan bupati tentang larangan kawin kontrak). akan dilaksanakan pada minggu ke 3, pasa bulan Juni 2021.

Kemudian rumpun pemanfaatan teknologi untuk masyarakat yang meliputi Smart Village (launching program desa pintar dan kampung keluarga berkualitas). Cianjur Caang (launching pengentasan kawasan internet ; blank spot dan penerangan lampu mjalan) serta Pare Gede (pajak rumah makan-restoran, hotel dan kafe untuk pembangunan daerah sekaligus (launching tapping box).

“ Kegiatan dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan juni 2021 selanjutnya pada minggu ke 1 bulan juli 2021, yakni rumpun infrastruktur, yang meliputi kegiatan jalapeno (jalan untuk pemulihan ekonomi), melalui launching prioritas infrastruktur 1000 km jalan beton,” jelas Bupati Cianjur.

Kemudian pada minggu ke 2 Juli 2021, yakni rumpun pariwisata dan pelestarian budaya, meliputi Palimo Pandanwangi living museum (launching kemitraan pengelolaan pariwisata berbasis pelestarian budaya dengan konsep pentahelix). Wonderful Cianjur (menyajikan video promosi pariwisata kabupaten cianjur dan launching kalender event 2021)

Pada minggu ke 3 Juli 2021, yakni rumpun pendidikan dan keagamaan, meliputi Launching gurujug siswa ( guru ngajugjug siswa/ guru anjang siswa) pengajaran tatap muka – metoda guru mendatangi siswa dengan prokes. Wakaf buku (gerakan sadar literasi untuk membangkitkan minat baca masyarakat).

Program berikutnya adalah Sarung manjur (santri unggul – mandiri – maju dan religius) dengan memberikan bantuan kepada pesantren hafidz qur’an.

“ Pada minggu ke 4 Juli 2021, yakni rumpun pertanian, dengan kegiatan Cinlok petai (cintai produk lokal peternak dan petani) sekaligus pencanangan gerakan penggunaan produk lokal pertanian dan peternakan bagi masyarakat dan dunia usaha,” kata Bupati lagi.

Karaos (kawasan pertanian super prioritas) dengan penetapan kawasan lahan pertanian super prioritas kabupaten cianjur dan launching petani manjur.

Rumpun Lingkungan Hidup dan UMKM

Selanjutnya pada minggu ke 1 Agustus 2021, yakni rumpun lingkungan hidup, meliputi Melak Samara (managemen pengelolaan sampah daerah menuju cianjur bersih dari sampah). Kapuk (kampanye penggunaan pupuk organik) berupa pencanangan gerakan pertanian.

“ Minggu ke 2 Agustus 2021, yakni rumpun umkm dan ekonomi kreatif, yang meliputi Launching Simadu (sistem informasi manajemen data usaha terpadu). dan mou pemasaran produk umkm dengan retal modern – hotel restoran dan kafe,” papar Bupati.

Cinlok Kriuk (cintai produk lokal ekraf dan umkm) melalui aktivasi rest area untuk pemasaran produk umkm dan ekraf dan kampanye cintai produk lokal ekraf dan umkm, adalah program 100 hari lanjutannya.

Pada minggu ke 3 Agustus 2021 yakni rumpun sosial masyarakat, meliputi Rural (rehabilitasi rumah tidak layak huni) untuk warga tidak mampu. Desa Tasbih (desa tangguh dan siaga terhadap bencana) serta cianjur bersih narkoba.

“Launching bengsos (social service centre) dan bengkel kreatif sosial. Berupa program pemberdayaan untuk masyarakat,” jelas Bupati.

Selanjutnya pada minggu ke 4 Agustus 2021, yakni rumpun kesehatan, yang meliputi kegiatan yang diberi nama Asa pedo (anjang desa pelayanan dokter) (program dokter berkunjung ke masyarakat). Rumah sakit someah (santun, senyum, optimis, menghormati, edukatif, andalan dan humanis).

“ Ada program Odasor (obat datang sorangan) program berobat jalan dan pengantaran obat ke rumah berbasis teknologi informasi. Tartimah (daftar di imah) program pendaftaran berobat online dan bezuk virtual dan pelayanan berbasis teknologi. Serta program Tuntas Stunting,” tutup Bupati Herman.

(redaksiinfosembilan)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer