oleh

Bronjong, Dari Penahan Longsor Hingga Arsitektur Rumah

-RAGAM-0 views

Infosembilan – Cianjur | Pengrajin boronjong yang beralamat di Kampung Banjarpinang, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Saat ini masih bertahan dan kurang lebih sudah tiga tahun lamanya menggeluti usaha ini.

Bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilapisi dengan seng atau galvanis. Anyaman kawat baja ini membentuk sebuah kotak atau balok. Bagian dalamnya diisi dengan batu-batu berukuran besar untuk mencegah erosi.

Ajang (67) pengrajin boronjong, Ia menjelaskan dalam proses pembuatan boronjong tidaklah mudah, tidak bisa di anggap remeh. Bronjong yang dihasilkanya yakni terbuat dari bahan kawat anti karat berukuran dua meter sampai dua belas meter panjangnya. Untuk penguat ditambah jarak satu senti meter.

” Membutuhkan kemahiran, keuletan dan ketelitian khusus, dalam cepatnya 15 menit sampai 1 jam bisa membuat satu boronjong. Saat diwawancarai Infosembilan, Kamis (30/9/2021).

Lanjut ajang, untuk pengiriman bronjong sendiri, dia tidak hanya berkutat di dalam Cianjur, namun juga ke luar kota.

” Untuk pengiriman, pesanan dikirim keluar daerah seperti Sukabumi, Bandung, Bogor, Bekasi, Jonggol. Yang sudah meminta pesanan awal via telpon, alhamdulilah setiap harinya ada salah satu yang pesan,” katanya.

Masih kata Ajang , jenis bahan yang digunakannya yaitu dari kawat anti karat, terbilang harga paling standar, walaupun lebih murah, dari segi kualitas bisa tetap menjamin kekuatan untuk berbagai macam pondasi.

” Dalam proses pembuatan, yang diperlukan hanya alat tangan saja, tapi bisa rapih menjadi bagus kuat kualitasnya, bisa memuaskan pelanggan, siap pakailah,” ujar Ajang.

Ajang menjelaskan, saat ini untuk pemesanan boronjong, minimal dengan uang muka sekitar lima puluh persen. Jika sudah selesai dikirim, baru yang lima puluh persennya lagi dilunasi.

” Saya berharap usaha pembuatan boronjong ini bisa lebih berkembang, lebih banyak yang pesan lagi,” pungkas Ajang.

DNRC
Editor : Dim

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer