oleh

Budidaya Ikan Larpa Petani Maleber Harapkan Bantuan Modal Dimasa Pandemi

-CIANJURAN-0 views

INFOSEMBILAN – CIANJUR I Sekitar ratusan petani ikan larpa yang berlokasi di Kampung Maleber RT 01/05, Desa Gudang, Kecamatan Cikalongkulon, saat mengharapkan bantuan Modal.

Pasalnya saat ini dengan situasi cuaca yang tidak menentu, membuat hasil panen menjadi kurang baik cukup tidak memuaskan.

” Artinya bukan gagal panen, tetapi hasilnya sangat minim,” kata petani ikan larpa Nanang Kosim, saat ditemui langsung dilokasi, Rabu (15/12/2021).

Ia mengungkapkan, jenis benih ikan larpa yaitu ikan Bawal, Patin dan Nila untuk benihnya diambil dari wilayah bogor untuk disalurkan ke para petani Cianjur.

” Jadi, di Cianjur hanya membesarkan saja, dari mulai usia tujuh hari dan langsur disalurkan ke petani ikan maleber Cianjur,” terangnya.

Kosim menambahkan, dengan situasi saat ini para petani ikan larpa sangat membutuhkan perhatian khusus, terutama dari segi permodalan.

” Nah, kami sebagai petani ikan larpa saat ini aperlu perhatian selain modal, juga dukungan khusus, dari pemerintah daerah maupun pusat,” katanya.

Bahkan, masih ujar Nanang Kosim pada saat menyalurkan benih larpa ke petani ikan yang menjadi kendala, ya yaitu permodalan untuk menjaga gagal panen.

” Ya, intinya ada perhatian serius untuk para petani disini, karena untuk memajukannya hanya permodalan, ketika petani larpa berhasil, dinas terkaitpun ikut terbawa harum,” pungkasnya.

Terpisah, penyalur benih larpa asal Cianjur Ajay mengatakan, pada prinsipnya untuk dunia perikanan di wilayah Cianjur memiliki potensi besar untuk mengembangkan benih larpa.

” Selain cuacanya cocok dan bagus, bisa panen yang menghasilkan dengan baik,” ujarnya.

Namun ia menjelaskan, saat menyalurkan langsung ke para petani seringkali ada keluhan permodalan setelah panen tiba.

” Karena setelah hasil panen tersebut dikembalikan lagi untuk biaya sewa tempat kepada pemilik kolam,” pungkasnya, singkat.

Laporan : Gunawan/red

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer