oleh

Bupati Cianjur Resmikan TPS3R Program Citarum Harum Tahun 2021

Infosembilan – Cianjur | Bupati Cianjur H. Herman meresmikan TPS3R (tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle ) di desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Kamis, (30/09/2021).

“ Kalau masih ada yang buang sampah ke sungai, stop! sudah. Karena pemerintah sudah menyediakan untuk penanganan sampah ini, salah satunya TPS3R yang baru di resmikan,” kata Bupati Cianjur Herman Suherman.

Lanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa, perkembangan pengelolaan Citarum Harum pada pelaksanaanya lebih cepat dari yang di programkan/perencanaan awal, kegiatan ini pun dalam rangka percepatan citarum harum di kabupaten Cianjur.

“ Kami dari pemerintah kabupaten Cianjur mengucapkan terimakasih dan apresiasi mudah – mudahan ini bermanfaat, kegiatan ini dalam rangka mengedukasi sampah – sampah mulai dari hulu, sampah – sampah ini akan di jadikan kompos/pupuk bagi petani tentunya dengan program Cianjur Manjur akan sinergi karena di olah lalu kemudian di manfaatkan,” ucapnya.

Sementara itu, R. Agus Muhtarman pnitia penyelenggara menyampaikan bahwa, ada 9 TPS3R yang diresmikan meliputi, TPS3R KSM Maslahat, Limbangansari, KSM Terang desa Sukamanah karang tengah, KSM Harum Lestari desa Kertasari Haurwangi, KSM Jibril desa haurwangi, KSM Lestari Jaya 2 desa Singajaya Ciranjang, KSM Sari Mashur desa Babakan Sari Sukaluyu, KSM Sinar Galura desa jati Bojongpicung, KSM Prabu Jaka Susuru desa Sukarama Bojongpicung dan KSM Cikondang Bergema Desa Cikondang Kecamatan Cibeber.

Selanjutnya Agus menyampaikan, tujuan penyelenggaraan TPS3R ini adalah untuk meningkatkan komitmen pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan TPS3R.

” Meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolaan sampah dalam prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat,” ujar Herman.

Bupati Cianjur menambahkan, dengan menyediakan prasarana dan sarana pengelolaan sampah yang berkualitas, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, sesuai dengan kebutuhan.

” Hal ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan, mengurangi beban pengolahan sampah di TPA dengan mengurangi timbulan sampah di sumbernya dan meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat,” pungkasnya.

Dms
Sumber : Humas

pasang iklan anda

Komentar