oleh

Covid-19 di Cianjur Masih Menjadi Ancaman

-HEADLINE-200 views

CIANJUR – Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, saat ini masih menjadi ancaman. Bahkan, hampir semua wilayah terpapar virus mematikan tersebut.

Seperti halnya, beredar informasi, yang membuat geger satu keluarga, asal warga Perumahan BTN Griya Nugratama, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, ditanyakan positif Covid-19. Kini, sedang dilakukan perawatan serius isolasi, di Rumah Sakit (RS) Hermina Sukabumi.

Seorang dokter Puskesmas Cilaku, dr Anggia Nurafrilla didampingi Pelaksana Program Promosi Kesehatan (P3K) Puskesmas Cilaku, Dara Puspita Lestari mengatakan, hal ini diharapkan dapat menjadi dorongan, untuk masyarakat.

“Artinya lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian dalam menerapkan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru,” katanya, Rabu (12/8/2020) malam.

Masih kata dr Anggia, seperti membiasakan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak minimal 1 satu meter ketika sedang ditempat umum atau hindari kerumunan.

“Nah, hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi diri sendiri, dan orang lain disekitar kita,” ajaknya, semakin banyak yang peduli semakin cepat wabah ini berakhir.

Sementara, Kepala Puskesmas (Kapus) Cilaku, Yudiansyah menjelaskan, telah menindaklanjuti laporan dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Cianjur, Puskesmas Cilaku tergabung dalam Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Cilaku, bergerak cepat melakukan beberapa upaya penanganan Covid 19 di BTN Griya Nugratama diantaranya, telah dilakukan pemeriksaan rapid tes kepada 24 orang yang sempat kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Pelaksanaannya dilakukan pukul 09.00 WIB, di kantor RW setempat,” katanya, dengan hasil non reaktif (negatif).

Lalu, masih sambunganya, dilakukan juga penyemprotan desinfektan di rumah pasien terkonfirmasi Covid-19, dan masyarakat sekitar.
Dan, dilakukan pemberian edukasi informasi mengenai protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Ya, konteknya dalam rangka mengoptimalkan kedisiplinan warga sekitar,” ujar Yudiansyah.

Terpisah, seorang pemilik (owner) Klinik Harapan Sehat (HS) di Kabupaten Cianjur, dr Yusuf Nugraha mengatakan, saat ini masih menjadi ancaman nyata bagi masyarakat. Sehingga, untuk masyarakat jangan lupa selalu mengikuti protokol kesehatan.

“Itu dimulai dengan menggunakan masker, kemudian menjaga jarak aman antara satu dengan yang lainnya, rajin cuci tangan selalu dan jaga kondisi makan-makanan yang bergizi dan istirahat cukup,” katanya.

dr Yusuf menambahkan, sehingga mudah-mudahan dengan kesedihan ini mata rantai penularan Covid-19, bisa putus.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan selalu,” singkatnya.(Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer