oleh

Demi Anak Bangsa, PAUD Qudsiyyah Berdiri Ditengah Perkampungan

-PENDIDIKAN-1.684 views

Infosembilan – Cianjur, Pendidikan anak usia dini (PAUD), merupakan ruang ekspresi yang bisa meningkatkan proses perkembangan anak lebih optimal, dari ilmu pendidikan formal dan agama. Dengan adanya pendidikan usia dini untuk anak, bertujuan membentuk anak yang berkualitas sebelum memasuki pendidikan dasar.

Hal ini di ungkapkan seorang penggiat pendidikan, Ida Farida yang juga Ketua yayasan merangkap Guru Paud Al Qudsiyyah, yang beralamat di kampung Pasir jambu, Desa Sukamanah, kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

” Saya dan keluarga besar mendirikan sekolah PAUD di tempat kelahiran, untuk meningkatkan mutu pendidikan usia dini, supaya mereka tidak jauh dalam mendapatkan bimbingan belajar,” katanya, saat ditemui Infosembilan, Kamis siang (29/7/2021).

Adapun kegiatan PAUD dapat memberi rangsangan, atau stimulasi pendidikan untuk anak usia dini, dengan tahapan bebasis pendidikan agama atau formal.

” Terutama untuk anak usia pra-sekolah,” ujar Ida Farida.

Ia menjelaskan, tak hanya itu untuk Dunia Pendidikan saja bahkan kegiatan-kegiatan di PAUD juga menanamkan kejujuran, dan kedisiplinan dalam prilaku.

” Dan berbagai hal positif lainya, bagus untuk pertumbuhan anak usia dini,” ucapnya.

Ida menerangkan, biasanya anak sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD seringkali memilik kemampuan untuk komunikasi saat menuju Sekolah Dasar. Hal tersebut dikarenakan Anak-anak yg pernah belajar di PAUD sudah terbiasa.

” Bermain, belajar, dan sudah terbiasa komunikasi dengan teman-teman yang usia sebaya,” terangnya.

Adapun mangfaat yang bisa didapat oleh anak yang mengikuti PAUD Antara lain:

  1. Anak akan memiliki bekal pendidikan untuk jenjang berikutnya, pendidikan anak usia dini bisa menjadi bekal yang baik bagi pendidikan akademik anak nantinya.
  2. Bisa Membantu perkembangan secara Agama untuk mendidik anak usia dini mengenal landasan agama di usia dini.dengan landasan Agama perkembangan emosional anak akan terkontrol. Selain itu, anak juga bisa memiliki sikap lebih Sabar, mandiri,dan mudah bergaul dengan orang lain Tampa berprilaku kurang baik
  3. Dengan anak belajar di PAUD Menjadi kan kepribadian anak menjadi lebih positif untuk masa depan.

Itu sekilas gambaran, mengapa sampai mau mendirikan lembaga PAUD diperkampungan yang jauh dari suasana keramaian.

” Alhamdulillah, Saya dan keluarga besar berencana akan membangun sarana untuk Anak-anak mengenal alam dan tempat belajar bercocok tanam. Pokonya mohon Doa dan dukungannya dari semua warga disini, supaya cita-cita saya terwujud,” pungkas Ida Farida.

Sementara, Sadiah (48), salah satu orang tua di PAUD Al Qudsiyyah, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Ida, yang telah membuka sekolah PAUD, di Pelosok terpencil, Karena selama ini anak-anak disini kalau mau sekolah PAUD jauh, sekitar satu kilometer dari sini,

” Jadi sekarang dengan adanya PAUD anak-anak di Kampung tidak usah jauh-jauh belajar, bisa di PAUD AL QUDSIYYAH,” tutup Sadiah, singkat. ( Bah Andri )

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer