oleh

Dongkrak Ekonomi Warga, Wana Wisata Darmaga Jagabaya Jaga Pelestarian Alam

INFOSEMBILAN I CIANJUR – Obyek wisata Darmaga Jagabaya salah satu destinasi wisata local dengan keindahannya yang alami, berlokasi di Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat.

Adam (40), pengelola Wana wisata darmaga jagabaya mengatakan, berdirinya tempat wisata ini dibangun diatas lahan perhutani, dengan menggunakan modal pribadi.

” Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian warga desa Cikidangbayabang, dan para pedagang yang sudah ada diwilayah Wana Wisata Jagabaya,” katanya, kepada Infosembillan, Minggu (26/12/2021) kemarin.

Ia menambahkan, kebetulan kami sebagai Ketua Paguyuban Warga Cikidangbayabang (PWC) bertujuan untuk mendidik anak-anak yang sedang menganggur, yaitu anak dibawah dewasa.

” Artinya, sistem pengelolaannya saya ambil dari tiap-tiap perwakilan Kampung untuk dijadikan penjagaan dilokasi,” ujar Adam.

Dia mengungkapkan, berharap obyek wisata ini tanpa bantuan dari pihak pemerintahan terkait, terutama ke pemerintah desa dalam waktu dekat bisa berkecimpung,

” Atau, menjembatani kami disini selaku pengelola Wisata Darmaga Jagabaya dan berharap kepada pemerintah, dinas pariwisata dan pokdarwis maju mundurnya kami harapkan dapat melirik dengan adanya tempat wisata yang berdikari ini,” pungkas Adam.

Terpisah, Ira salah satu pengunjung menuturkan, dengan adanya tempat – wisata local yang berbasis pelestarian lingkungan sangat mendukung,

” Selain mendongkrak perekonomian warga sekitar, juga bisa mengangkat potensi yang ada,” tuturnya.

Ira menyampaikan, terutama intansi pemerintah yang membidangi tentang wisata harus peka. Nah, ini harus menjadi kebanggaan semua pihak, ternyata masih ada yang peduli menggali potensi demi mensejahterakan warga sekitar.

” Kami sangat mendukung, apalagi wahana Wisata Darmaga Jagabaya diatas lahan perhutani, agar tetap menjaga dalam pelestarian hutan,” tutup Ira singkat.

Laporan : Syarif Noor

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer