oleh

Dongkrak IPM, HIPSI Cianjur Cetak Satu Juta Pengusaha Santri

-RAGAM-112 views

CIANJUR – Program pemberdayaan ekonomi umat Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) menargetkan cetak satu juta pengusaha dari kalangan santri, yang beralamat di Jl Raya Sukanagara- Sirnagalih RT 08, RW 05, Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur.

“ Ya intinya kita ingin membangun sumber daya manusianya, kedua kekuatan ekonomi pesantrennya,” ungkap Usep kepada Infosembilan, Kamis (18/2/2021).

Diamanahi ketua umum HIPSI Kabupaten Cianjur, SK No 18 A /HIPSI-Jabar/II/2021, dengan Sekretaris Imam Hambali dan bendahara Muhammad Fauzi (sebagai pimpinan Pesantren Riyadus Saadah Tanggeung).

“Secara skala Nasional HIPSI berkiprah dari NU dan berdiri Tahun Tahun 2011 dan ,” ujarnya.

Secara back round HIPSI itu adalah santri pengusaha, akan cetak santri itu menjadi enterpreneur yang ada di Cianjur khususnya.

” Nah, HIPSI ini sebagai wadahnya para pengusaha, khususnya yang peduli kepada Pesantren supaya mempunyai usaha yang jelas dan berpenghasilan,” beber Usep.

Ia menjelaskan, dalam membentuk santri menjadi pengusaha, HIPSI sekarang sudah bermitra dan bekerjasama dengan Dinas koperasi usaha kecil Provinsi Jabar.

” Khususnya di bidang opop one product one Pesantren,” jelasnya.

Masih paparnya, misi Hipsi Cianjur, ingin cetakan sejuta entrepreneur dari Santri, jadi tidak sebatas sebagai ulama tapi santri itu sebagai pengusaha yang handal,

” Sebab dengan ekonomi kuat, Insya Allah agama kita juga akan kuat,” katanya.

Visinya merangkul berbagai elemen, terutama santri-santri yang ada di pesantren, menjadi pengusaha dan bergabung di HIPSI Kabupaten Cianjur.

Pertama, sebagai sarana wadah edukasi dan pendidikan, diqdakan pelatihan-pelatihan update dan upgrade pengetahuan tingkatkan SDM santri. Kedua, gimana acaranya pesantren pesantren itu mempunyai izin NSPP, karena tidak semua Pesantren mempunyai legalitas,

“Nah, untuk pesantren yang belum memiliki NSSP, insya Allah akan kami bantu,” imbuhnya.

Ini akan mewujudkan menjadikan Pesantren Modern. Nah, itu akan genjot di berbagai bidang pemberdayaan santri, untuk membuka peluang usaha.

” Dengan harapan kedepan HIPSI menjadikan satu wadah advokasi dan edukasi buat para santri dan para ulama yang ada di Cianjur,’ terang Usep.

Usep menyampaikan pesan dan harapan, khususnya Ke Pemkab Cianjur, Mohon untuk diperhatikan secara riil, demi tercapai pemberdayaan ekonomi Santri.

” Salah satunya meningkatkan IPM. Bisa kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Cianjur, khususnya dengan program Bupati Cianjur, dengan program 1000 Kobong.

” Saya selaku Ketua HIPSI, tekankan agar program 1000 Kobong itu, di singgung Pemberdayaan santri, jangan to pembangunan fisik saja, tutupnya. (Bah Andri)

Editor, Ledi Hasim

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer