oleh

Genjot Usaha Mandiri, Ini Kata Ketua BUMDes Cihaur-Cibeber

-RAGAM-121 views

CIANJUR – Badan Usaha Milik Desa merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi Desa. 

BUMDes harus didasarkan pada kebutuhan dan potensi desa, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan perencanaan dan pendiriannya,

” BUMDes dibangun atas prakarsa (inisiasi) masyarakat, berdasakan pada prinsip-prinsip,” kata Ketua BUMdes Desa Cihaur, Kecamatan Cibeber Dani Ramdani, Rabu (17/2/2021).

Ia mengatakan, sekarang akan mengangkat Potensi usaha Pemuda yang ada, supaya lebih giat berusaha dan permodalan disokong dari BUMDes.

” Saat ini, peran bumdes kurang menyentuh masyarakat,” terang Dani.

Program BUMDes, masih paparnya. Ia akan mengkoordinir warung-warung yang ada di Desa Cihaur, berkerja sama dengan BUMDes.

” Kebutuhan barang dagangan atau warungan, akan di suplay oleh BumDes,” ungkapnya.

Dani menambahkan, diharapkan tidak ketinggalan dalam kebutuhan usaha rumahan, dan kami siap sediakan bahan barang bakunya.

” Barang tentu harganya sama, bahkan lebih murah dari glosir lain,”

” Dan BUMDes, sekarang udah jalin kerjasama dengan para suplayer baik lokal yang ada di cihaur maupun luar, untuk memenuhi kebutuhan barang BUMDes,” Tuturnya.

Nah, untuk tahap awal, BUMdes akan berkerjasama, dengan dua warung saja dulu per Rw-nya, sebagai percontohan.

“Kemudian BUMDes juga, telah membina para Ojeg Pangkalan, dengan menabung dulu di BUMDes, karena Keuangan BUMDes belum jelas, karena belum Sertijab dari ketua dulu,” Paparnya.

Kedepanya, lanjutnya, bisa simpan-pinjam dan bisa beli onderdil motor baik tunai atau kredit di BUMDes. Untuk Permodalan BUMDes masih dari suplayer, dengan bayar barang yang masuk ke BUMDes, lalu di bayar dua minggu kedepan terhitung setelah barang dikirim.

” Dengan adanya penambahan modal memadai, berdasarkan kebutuhan BUMdes yang nanti di tuangkan dalam RAB,” pungkas Dani.

Sementara itu R. Teguh Ketua PAC Demokrat Cibeber mengapresiasi adanya BUMDes, selama BUMDes itu berjalan dengan baik, dan dapat di rasakan manfaatnya.

” ya tentunya sangat mendukung apalagi untuk kepentingan masyarakat ,” tutup Teguh.(Andri B)

Editor, Ledi Hasyim.

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer