oleh

Hasil Menabung Warga Kampung Cikukulu Cianjur Bisa Berqurban

-RAGAM-207 views

CIANJUR – Banyak hal atau cara dilakukan umat muslim menyisihkan sebagain milik rezekinya, untuk berqurban, di hari Raya Idul Adha 1441/2020 tahun ini.

Seperti halnya, dilakukan warga Kampung Cikukulu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mereka, berqurban setiap tahun, dengan sistem menambung.

“Jadi, intinya dari warga dan untuk warga. Setiap tahun selalu qurban, alhamdulillah kang,” kata H. Indra Gumilang (50) selaku ketua panitia qurban, Sabtu (01/08/2020) sore.

Indra memaparkan, berbagi milik rejeki melalui bersedekah setiap tahun, bukan berbagi dengan warga setempat (pribumi) saja. Tapi, bisa berbagi memberikan daging qurban kepada warga luar.

“Hewan qurban disembelih ada sekitar 18 ekor. Diantaranya, untuk sapi enam ekor dan domba 12 ekor,” ujar H. Indra.

Pihak panitia kurban menyampaikan, pembagian warga setempat total sekitar 446 Kepala Keluarga (KK), lalu untuk anak yatim 21 orang.

Terlihat sibuk, jajaran panitia mengenakan masker, dan alat pelindung diri (APD) lainnya, ada yang memotong hewan qurban sudah disembelih, mengantongi daging, menyiapkan kantong kresek dan kesibukan lainnya. Sebelum hewan qurban disebar luas dibagi kepada warga berhak menerima, melalui hasil menabung.

Kemudian, masih papar H. Indra, untuk pembagian hewan qurban panitia, itu setengah kilogram rata-rata.

“Bila warga sini yang menabung, itu per orang tiga kilogram daging hewan qurban mendapatkan,” terangnya.

Terakhir, Indra menambahkan, juga berharap, warga sini bisa lebih banyak lagi berqurban hewan melalui menabung. Semoga bisa menyisihkan sebagian milik rezeki (uang) dikumpulkan untuk membeli hewan akan diqurbankan.

Indra menyambungkan, tentunya, jajaran panitia sudah menyiapkan atau mengikuti protokol kesehatan dianjurkan pemerintah, di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Seperti terlihat telah disediakan sabun, air untuk cuci tangan dan masker dikasih bila tidak punya,” pungkasnya.

Terpisah, bu Enay (70) seorang jompo warga setempat mengakui, merasa bersyukur mendapatkan hewan qurban dari pihak panitia. Mudah-mudahan bisa manfaat dan menjadi barokah, tahun depan ada qurban lagi.

“Makanya Idul Adha, paling ditunggu warga bisa mendapatkan daging, meskipun satu tahun sekali,” singkatnya.(Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer