oleh

Hujan Angin Kencang Porakporandakan Puluhan Rumah Warga di Cibeber

-HEADLINE-0 views

INFOSEMBILAN I CIANJUR – Hujan deras disertai angin kencang, angin puting beliung porakporandakan puluhan rumah hingga rusak tertimpa pohon besar, di beberapa kampung Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pukul 15.00 WIB, Minggu (26/12/2021).

Pantauan di lokasi, dan laporan diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, berdasarkan hasil pengecekan ke lokasi terjadi di beberapa kampung diantaranya yaitu Kampung Pasir Jeruk RT 2/ 9, Bobojong RT 2/10, Cangkuang RT 4/9, dan terakhir di Kampung Pasir Baru RT 1/9, Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, sore itu.

Camat Cibeber Api Rusmana mengatakan, akibat bencana angin puting beliung tersebut. Itu mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa rumah dan musola kurang lebih 20 rumah. Bukan hanya itu saja, bahkan hektaran lahan sawah petani juga rusak tertimpa pohon tumbang hal sama.

“Kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta,” katanya, saat dikonfirmasi langung SignalCianjur, malam.

Penyebab kejadian, Camat Cibeber menuturkan, sebelumnya hujan deras dan hempasan angin puting beliung kencang sekali. Evakuasi dan penanggulangan sedang terus diupaya forkopimcam, BPBD, DAMKAR, Pemdes Cimanggu, RETANA, GOGOPAW RESQUE, Satpol-PP dibantu dengan warga sekitar.

“Itu untuk memotong pohon memeperbaiki rumah yang rusak,” terang Epi.

Ia menanyampaikan, evakuasi saat ini prioritas yang rusak ringan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Dan, masih dilokasi kejadian dalam penanganan lebih lanjut serta berkoordinasi dengan pihak terkait. Bahkan, tembusan sudah telah disampaikan kepada Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial (Dindos), dan Kasatpol PP juga Damkar Cianjur.

“Ya, berharap untuk diperhatikan dan segera dibantu secepatnya. Baru ada bantuan mesin pemotong saja,” tutup Camat Cibeber.

Terpisah, Sekertaris BPBD Kabupaten Cianjur Rudi mengatakan, telah menerima laporan dan akan ditindaklanjuti. Kini telah cek ke lokasi dan sedang melakukan evakuasi, bantuan baru mesin senso atau pemotong pohon.

“Karena banyak pohon yang harus dipotong atau dibersihkan,” pungkasnya singkat. (Red)

Sumber : Signalcianjur.com

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer