oleh

Hukum Humaniter Internasional, Bakamla RI Gelar Kuliah Umum

INFOSEMBILAN I JAKARTA – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bekerja sama Universitas Padjajaran (UNPAD) menyelenggarakan kuliah umum offline maupun online di aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/11/2021) kemarin.

Kuliah umum bertajuk “Hukum Perang di Laut dan Relevansinya bagi Indonesia” diselenggarakan bagi personel Bakamla guna memberikan wawasan tentang Hukum Humaniter Internasional.

Bakamla mengundang Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti, sebagai pembicara utama.

Kuliah umum ini diikuti 90 personel Bakamla yang terdiri dari pejabat eselon I, II, III, Komandan KN Bakamla dan staf Bakamla. Dan kegiatan dibuka oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengapresiasi, kepada Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti, S.H, LL.M., atas kerja sama dan kesediaanya hingga kuliah umum ini dapat terlaksana dengan baik. Seperti yang ketahui bersama bahwa negara-negara melakukan perang membawa dampak penderitaan kepada masyarakat sipil.

“Guna menghindari penderitaan yang tidak semestinya dialami masyarakat sipil tersebut lahirlah Hukum Humaniter Internasional,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Dia berharap, kepada pembicara dapat membuka wawasan para personel Bakamla terkait hukum Humaniter Internasional melalui diskusi, sharing informasi and knowledge.

Melalui kegiatan semacam ini menurut Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, secara tidak langsung mengasah pengetahuan diri personel Bakamla dan menumbuhkan rasa percaya diri saat ikut aktif berdiskusi. Dan, bisa berpesan agar seluruh personel Bakamla serius mengikuti kuliah umum. Ini adalah merupakan kesempatan yang baik.

“Sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman tentang Hukum Humaniter Internasional,” terang Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Kegiatan berjalan sangat menarik dengan banyaknya pertanyaan dilontarkan peserta. Dan, kuliah umum diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Kepala Bakamla Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia kepada Dosen UNPAD Dr. Diajeng Wulan Christianti. (Red)

Redaktur: Mamat M

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer