oleh

Kiat Sukses, Ini Kata Budidaya Cacing Sutra di Kolam Tanpa Lumpur

Infosembilan – Cianjur | Budidaya cacing sutra beberapa tahun ini sedang naik daun, terutama untuk pakan ikan hias dan ikan lele. Seperti yang dilakukan pembudidaya cacing Sutra, Asal kampung Warung batu, RT 02/RW 05, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur Jawa Barat.

” Saya telah menekuni Budidaya Cacing Sutra ini sejak dua tahun silam, terang Herdi Susanto, saat ditemui Infosembilan, Minggu (8/8/2021).

Ia menjelaskan, awal mula budidaya cacing sutra, karena saya sendiri yang suka beli untuk pakan ternak ikan lelenya, nah dari situ saya mempunyai inisiatif sendiri untuk membudidayakan Cacing Sutra.

” Ya untuk menghemat pengeluaran pakan lele saya,” katanya.

Herdi menambahkan, budidaya Cacing Sutra yang saya lakukan sudah berjalan, walaupun awalnya saya pernah gagal, tetapi setelah terus ditekuni, alhamdulilah sampai menjadi ladang bisnis yang menjajikan.

” Membudidayakan Cacing Sutra, jadi saya tidak lagi membeli pakan alami (cacing sutra), untuk pembibitan ikan lele, yang saya kelola,” ujar Herdi.

Masih kata Herdi, untuk budidaya cacing Sutra, bisa dilakukan dengan cara tanpa lumpur, cukup dengan menggunakan ampas tahu, tempe, oncom dan jerami padi.

” Nah, sekarang budidaya cacing sutra ini menggunakan pakan seperti Jerami padi, ampas oncom, bukan lagi hampas tahu. Karena lebih gampang dicari,” ungkapnya.

Sekarang saya lebih tenang sebab pakan ternak lele sekarang ini tidak sulit lagi mendapatkan pakan. Karena pakan ternak pembibitan lele saya dari Cacing Sutra.

” Sedangkan saya pribadi membudidayakan Cacing Sutra milik sendiri,” pungkas Herdi Susanto, mengakhiri pembicaraannya.

( NSR )

pasang iklan anda

Komentar