oleh

Kisah Pilu Penjual Tape Keliling Diusia Masa Tua

Infosembilan – Cianjur | Seorang penjual Tape keliling yang setiap harinya berkeliling mendorong gerobak meski menempuh puluhan kilometer, menjajakan jualannya demi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebut saja Karnudin (59), bapak dari kedua orang anak yang Asli kp panyandungan, RT 03/RW 03, Desa Girimukti, kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Masih tetap semangat berjualan tape keliling nya walau sudah puluhan tahun.

” Berjualan tape keliling ini sudah lebih dari sepuluh tahun, karena jujur gak ada pekerjaan lain yang bermodal kan Tenaga,” ungkap Karnudin, Kamis (2/9/2021) pagi.

Ia berjualan mulai dari jam tujuh pagi hingga jam dua siang kadang lebih, melewati jalan lintas Cibeber, Cilaku hingga pasar Warungkondang.

Ia mengambil tape dari orang lain sebanyak lima puluh kilogram setiap harinya, saya menjual tape perkilogramnya tujuh ribu rupiah dan kadang kurang dari segitu. Ungkapnya

” Dimassa Pendemi saat ini jual tape banyak sepi nya kadang banyak yang tersisa, Dulu sehari kalau abis saya dapat untung lima puluh ribu rupiah, tapi sekarang saya sering dapat sehari cuman 30 rbu rupiah,” terang dia.

Kardun menjelaskan, Yah mau gimana lagi nasib saya udah begini, kalau gak jualan tape buat kebutuhan sehari-hari dari, Saya pasrah aja,’ ungkapnya.

” Jualan ini hanya dengan modal pas-pasan dan kadang gali lobang tutup lobang, jujur saja karena saya tidak punya modal Besar, makanya dari dulu saya berharap adanya bantuan modal,” ucap Kardun.

Terkadang saya suka jenuh udah Lela tiap hari harus jalan kaki sekian kilometer, tapi mau gimana lagi dibanding keluarga saya ga bisa makan.

” Berharap kepada pihak terkait, terutama pemerintah kasih modal untuk saya, supaya bisa Jualan Tanpa harus berkeliling. Dan saya heran kenapa keluarga saya tidak pernah dapat bantuan apapun selama pendemi, Padahal saya benar-benar membutuhkan bantuan tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Bah Andri

pasang iklan anda

Komentar