oleh

Luar Biasa, Cidaun Cianjur Potensi Kembangkan Komoditas Ekspor Udang

-RAGAM-240 views

CIANJUR – Wilayah Cianjur Selatan (Cisel), Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berpotensi peluang kembangkan satu komoditas ekspor udang.

Terbukti, seperti halnya program bantuan diberikan pemerintah melalui perijinan dari Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, juga BLUPPD Karawang. Kini, telah menggeber membangun tempat tambak udang.

Pjs Bupati Cianjur, Dr. H. Dudi Sudradjat Abdurachim, mengatakan, program strategis Presiden RI, untuk wilayah Cianjur Selatan (Cisel), peluang berpotensi kembangkan satu komoditas ekspor udang.

Ia memaparkan, lahan budidaya tambak udang tersebut, seluas kurang lebih sekitar lima hektar. Itu, lahan diatas tanah milik perhutani.

“Nanti yang akan menggarap anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri Cidaun,” katanya, Kamis (22/10/2020).

Sementara, kunjungan kerja (Kungker) Dirjen KKP, Dr. Ir. Slamet Soebjakto, beserta rombongan ke Cianjur, yaitu dalam rangka meninjau pembangunan kluster budidaya tambak udang berkelanjutan, sebelumnya di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Selasa (20/10/20).

“Agenda BLUPP Karawang mentarget tambak udang LMDH Mandiri rampung di bulan Desember 2020,” jelas Pjs Bupati Cianjur, Kamis (22/10/3020).

Ia menghatapkan, direplikasi para petani udang atau ikan, untuk membangun tambak-tambak lainnya terwujud juga.

“Karena potensinya sudah ada di Kecamatan Cidaun dan sekitarnya,” ungkap Dudi.

Pjs. Bupati Cianjur menyambungkan, kelompok tani LMDH mandiri, diberikan model budidaya dan akan diberikan pelatihan sekaligus pembinaan terlebih dulu sampai pada proses panen.

“Pengelolaannya dan saya menyambut baik,” bilang Dudi.

Untuk nelayan pun, tambah Pjs Bupati Cianjur, di saat-saat tertentu dipastikan akan melakukan budidaya dan potensi ada di masyarakat atau nelayan sendiri.

“Karena programnya sudah diberikan oleh pihak KKP dalam hal ini BLUPPD dari Dirjen KKP RI,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Cianjur, Dr. Ir. Winny Parwinia mengatakan, kegiatan ini momentum paling penting. Pemkab Cianjur mendapat program kegiatan dari KKP R9I. Karena tidak semua wilayah kelautan, atau perikanan mendapatkannya.

“Program nasional yang diterima oleh kami (DKPP Cianjur) salah satunya mendapatkan MoU bidang budidaya udang,” paparnya, serta bantuan benih ikan untuk kelompok tani ikan Cidaun.

Winny menambahkan, jenis komoditas perikanan laut saat ini, itu yang menjadi komoditas ekspor unggulan adalah udang. Nanti, akan dikembangkan di Cianjur.

“Semoga membawa manfaat atau peningkatan ekonomi buat masyarakat pesisir secara kontinyu,” harapnya.(red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer