oleh

Media Online Infosembilan Gelar Pelatihan Jurnalistik, Cetak Wartawan Profesional

-RAGAM-747 views

NFOSEMBILAN – CIANJUR, Dalam rangka mencetak generasi handal, berkualitas dan meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) profesional, media online Info Sembilan menggelar pelatihan jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik tersebut mengusung tema ‘Membangun Jurnalis yang Profesional, Creative dan Independent’ di
Hotel Alami Guest Houst Kaum, Alun-alun, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, selama dua hari berturut-turut.

Chief Excecutive Officer (CEO) InfoSembilan.com Ahmad Supardan mengatakan, bila SDM kuat khususnya untuk jajaran redaksi (jurnalis) kerja di lapangan ada dasar, dan punya ilmu atau bekal.

” Dengan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, minimal dasar-dasar ilmunya diketahui, Karena dunia jurnalistik bukan main-main, perlu keseriusan, dan harus menjiwai. Minimal ada roh jurnalis muncul, bila suatu pekerjaan dicintai sepenuh hati artinya, kita bersungguh-sungguh”. ujar Supardan, Minggu (20/6/2021).

Dalam pelatihan jurnalistik tersebut pihak redaksi Info Sembilan menghadirkan beberapa nara sumber (Narsum) diantaranya, Materi pertama ‘Suara Adalah Duta Besar’, narsum Om Yon. Kedua ‘Mengenal Kelembagaan Profesi wartawan’, narsum Mamat Mulyadi (Tamem) perwakilan dari anggota PWI Cjanjur. Kemudian dilanjutkan materi ketiga ‘Jurnalistik Profesional’, narsum wartawan RRI dan Dosen dari Bandung Agus Gunawan, dan terakhir ‘Public Speaking’ sebagai narsum Nuri Indriani (MC and Entertainment).

Jurnalis RRI dan Dosen Agus Gunawan mengatakan, “sharing pelatihan jurnalistik bisa bermanfaat. Dan, minimalnya untuk bekal teman-teman Info Sembilan. Karena, menjadi seorang jurnalis itu tidak mudah. Jadi, ada aturan atau kode etik profesi, tidak cukup hanya sekedar bisa menulis saja,” terangnya.

Ia menambahkan, sangat support dan mendukung. Kalau bisa pelatihan jurnalistik seperti ini jangan cukup di sini saja. Tapi harus digelar secara kontinyu, sehingga bekal ilmu dimiliki teman-teman bisa terus bertambah.

“Jadi kalau sudah kuat pondasi SDM, bila terjun ke lapangan jurnalis memahami aturan-aturan dan kode etik jurnalistik. Ya, paling penting sopan santun saat konfirmasi,” pungkasnya.

(N Sapta R)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer