oleh

Miris! Petani Warga Sindangsari Cianjur Buat TPT dari Gedebog Pisang

-RAGAM-179 views

CIANJUR – Miris, karena kurang perhatian serius dari Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur, melalui dinas terkait, kondisi tembok penahan tanah (TPT) dibuat dari ‘Gedebog Pisang’, tidak adanya pembangunan, hingga sering terjadi longsor.

Seperti melihat pontensi warga sebagai petani, di Desa Sindangsari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kini sangat mendambakan pembangunan TPT di beberapa titik lokasi, Senin (3/8/2020).

Informasi diterima pihak desa, karena Desa Sindangsari potensi di bidang petanian. Maka perlu dibenahi saluran air beberapa titik lokasi. Diantaranya, sungai Cisarani 1, Cisarani 2, dauwan atau irigasi (penampung air) Getret, lalu dauwan Cinengah, dan terakhir dauwan Cijambe.

Kepala Desa (Kades) Sidangsari, H. Ridwan mengatakan, akibat tidak ada TPT di beberapa titik lokasi irigasi. Hingga sering terjadi longsor, dari hulu tidak terurus.

“Nah, sehingga ke hilir tidak mengalir untuk pertanian,” katanya, saat ini juga banyak beberapa titik lokasi TPT dibuat dari gedebog pisang, Senin (3/8/2020) siang.

Pemerintah Desa (Pemdes) setempat atas nama warga, saat ini butuh pembangunan TPT untuk diperhatian oleh beberapa dinas terkait, juga Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur.

“Perlu perhatian serius, untuk sawah di desa kami. Intinya, harus terairi ratusan hektar sawah,” ujar H. Ridwan.

Kades menyambungkan, perlu perhatian khusus untuk persawahan di Desa Sindangsari, yang harus terairi puluhan hektar sawah.

Terakhir, masih paparnya, percuma kalau jalan bagus, bila perut para petani sekeluarga, khususnya warga sini menagih bersuara kosong kelaparan.

“Artinya, bukan berati jalan sudah bagus. Tapi sandang pangan nomor satu,” pungkasnya.(Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer