oleh

Asal Usul Makam Keramat di Gunung Geulis Cipanas, Ini Kisahnya !

Infosembilan – Cianjur, Tidak jauh dari istana Presiden Cipanas ada situs Makam para waliyullah dam alim ulama, dikawasan Gunung Geulis Jalan Mariwati km 02, Kampung jeprah-sengked, Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabuaten Cianjur.

Sesepuh Makam Keramat Gunung Geulis Rd. Ucu Syamsul Hidayat atau biasa disapa Ajengan Ucu menjelaskan, bahwa digunung geulis ada beberapa makam para wali, dan ulama,

” Seperti Makam Raja Zulkarnaen, Imam magribi, Mbah Jehpra, syeh Ali Jabar, eyang gentar Bumi, eyang gagak Lumayung, ibu Sekar Arum dan banyak lagi,” kata Ajengan Ucu, kepada infosembilan, melalui tlpn Watsaap, Senin (26/7/2021).

Ucu menjelaskan, sesepuh Makam Kramat, situs peninggalan para wali, dan ulama ini sudah dibuka sejak tahun 1978, Sejak dari itulah situs banyak peziarah yang datang ke makam Kramat tersebut.

” Yang datang kesini banyak dari luar Cianjur, malah ada yang dari jawa tengah, Sumatera, Kalimantan dan kabupaten lainnya,” jelasnya.

Masih kata ajengan Ucu, Alhamdulillah situs peninggalan para wali dan ulama ini kita rawat dengan baik, tempat untuk berziarah pun bersih, terawat dan adem. Jadi para ziaroh bisa dengan husus berziarah ditempat Makam Kramat Gunung geulis kampung Sengked-Jeprah.

” Selain untuk Berziarah tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berteduh, melepas lelah karena bisa melihat keindahan kota Cipanas dan gunung gede,” ujarnya.

Ucu menambahkan, ia juga mengelola Yayasan Rd.kh.Sulton Ali Abdulrahman dan kebetulan saya ditunjuk sebagai ketua Yayasan, Sekretaris M.encep Samsul rinah.
Dengan adanya yayasan ini bertujuan untuk melestarikan dan Manjaga situs Kramat Makom gunung Geulis.

” Berharap, pemerintah Ksbuaten atau pihak terkait ikut andil, dalam melestarikan Situs Kramat gunung geulis, supaya bisa dijadikan tempat wisata religi kaya yang laing, ujar ajengan Ucu. (Bah Andri)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer