oleh

Museum Bandar Cimanuk Salah Satu Budaya Kebanggaan Dermayu

INDRAMAYU – Sebagai daerah yang memiliki kekayaan dan keragaman budaya, kabupaten Indramayu, memiliki cita cita memajukan kebudayaan bagi masyarakatnya, Indramayu Historia dan Sanggar Aksara Jawa,berupaya memberikan sumbangsih pemikiran, ide gagasan untuk kemajuan kebudayaan yaitu dengan cara membangun ruang budaya dan Museum Komunitas (Museum Bandar Cimanuk), agar dapat memberikan informasi sejarah dan Budaya khususnya bagi generasi muda Indramayu, itu yang di katakan kang Sadewo yang merupakan Ketua Museum Bandar Cimanuk, Selasa 28/072020.

Menurut Sadewo keterbatasan kami bukan pada masalah ide dan gagasan yang akan habis, namun lebih kepada bahwa kami saat ini masih sebatas menggunakan lahan dan bangunan (Eks Djawatan Penerang 1953) yang bersifat pinjaman dari pemilik yaitu Bapak H Uryanto Hadi ,SH.,SE.

Dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun,Rumah Budaya dan Museum Komunitas yang kami rintis mampu melayani lebih dari 10.000/orang pengunjung, Hal ini merupakan kebanggan bahwa sesungguhnya Kabupaten Indramayu memang memiliki potensi sejarah dan budaya yang layak dan wajib di ketahui oleh masyarakat luas,”terangnya.

Rumah Budaya dan Museum Komunitas (Museum Bandar Cimanuk), diharapkan mampu menjadi ruang publik edukasi budaya dan sejarah masyarakat Indramayu memiliki kebanggaan dan rasa cinta terhadap warisan budaya yang dimiliki daerahnya.

Program dan kegiatan yang kami usung berpihak pada pemaparan tentang sejarah kota,peninggalan kekayaan budaya berupa naskah kuno. Arsip-arsip Sejarah Masa Lalu (sejarah terbentuknya kota Indramayu) dan artefak yang berada dikawasan Cimanuk atau lokasi Cagar Budaya keberadaan gedung bersejarah dimaksud yaitu Eks Djawatan Penerangan Indramayu 1953.”Pungkasnya (red)

pasang iklan anda

Komentar