oleh

Pemkab Sukabumi Sambut Kepulangan 30 ODGJ, Setelah Sembuh di RSJMM.

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Asda, Dinkes, Polres, Kodim, RSUD, Puskesmas, BRSPDM Phalamarta Kemensos, dan keluarga ODGJ, atas pulangnya pasien ODGJ sebanyak 30 orang, disambut digedung serbaguna Pusbangdai yang berlokasi di Jl. Cikembang Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Kamis (7/1/2021).

Setelah menjalani perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM), sejak 16 Desember 2020 s/d 07 Januari 2021,

“Kami bawa pulang langsung menggunakan 1 mini bus, 2 kendaraan operasional RSJMM dengan menggunakan Ambulan LKS Aura Welas Asih,” kata H.Tatang Koswara.

Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi H. Harun Alrasyid, SKM. M.Si, menyampaikan ada sekitar 3.600 ODGJ di Kab.Sukabumi yang tersebar di 47 kecamatan, 348 desa, 58 puskesmas, semua sudah mendapatkan penanganan, baik di tingkat puskesmas, RSUD.

“Ada juga yang dirujuk langsung ke RSJMM, melalui kerjasama kegiatan pemeriksaan dan evakuasi masal ODGJ,” bebernya.

Terpisah, Asisten Daerah Ade Setiawan, S.IP sebagai pembuka acara kegiatan, mengucapkan terimakasih kepada RSJMM yang telah membantu memfasilitasi pelayanan kesehatan jiwa, kepada ODGJ dan masyarakat.

” Terutama timkes dan Pemkab Sukabumi,” bilang Ade.

Umar Kaerudin, A.KS, sebagai Pekerja Sosial, menyampaikan laporan pelayanan rehabilitasi mental yang sudah dilakukan oleh pihak balai, bagi para penyandang disabilitas mental pasca rawat RSJMM yang berasal dari Kabupaten Sukabumi.

“Bahkan ada yang sudah sukses beternak kambing,” kata Umar, singkat.

Iyep Yudiana, SKM. MKM, salah satu Promotor Kesehatan Jiwa mengatakan, setekah melakukan serah terima ODGJ kepada kepada keluarga, melalui Asda, Dinkes, Polres, Kodim, Puskesmas.

“Kami mewakili Direksi RSJMM, menyerahkan kembali 30 ODGJ pasca rawat untuk dikembalikan ke pihak keluarga,” ungkap iyep.

Iyep menyambungkan, dengan menjalankan minum obat dan kontrol secara rutin ke puskesmas, RSUD atau ke RSJMM dan RSJMM mengucapkan terimakasih atas kerjasama kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat melalui Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ berat dan Pasung”

“Akhirnya ke-30 ODGJ setelah dirawat di RSJMM bisa bertemu bersama keluarga,” pungkas iyep.

Pelayanan Kesehatan Jiwa masyarakat, ini merupakan atas kerjasama antara Pemda dan RSJMM, untuk menuju Kab.Sukabumi Bebas ODGJ. (Red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer