oleh

Pengrajin Sangkar Burung, Dambakan Suntikan Modal Dimasa Pandemi

INFOSEMBILAN | CIANJUR – Pengrajin sangkar burung mendambakan suntikan modal Dimasa pandemi yang beralamat di Kampung Burangkeng, RT/03/01, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Nining (52) pengrajin sangkar burung menjelaskan, membuka usaha tutup liest sangkar burung dalam kurun waktu kurang lebih selama 20 tahun, dengan menggunakan alat manual, dibantu dengan kedua anak dan saudara keponakan yang sedang berumah tangga .

” Membuat tutup liest sangkar burung tidaklah mudah harus dengan keuletan dan keahlian,” jelasnya, saat ditemui langsung, Rabu (9/2/2022).

Nining menambahkan, supaya harga jual lebih tinggi sangkar burung pun harus diperindah dan dipercantik, jangan sampai terkesan asal-asalan.

Bahan baku dari pohon jenjen, seperti dengan alat pisau, tank, kawat, dan alat yang lainnya sebagian pakai mesin manual.

” Ya, karena tidak ada pekerjaan lain, terinpirasi ada jalan lain harus menekuni Membuat burung sangkar,” ujar Nining.

Bahkan, pembuatan Sangkar burung untuk di kembangkan dengan cara pembuatan atau perlengkapan, macam yang lainnya,” tambah pengrajin sangkar Nining.

Ia mengungkapkan, dalam pembuatan mahkota paling cepatnya makan waktu satu seperempat jam lamanya, Dilima perlengkapan pembuatan tempat sangkar,

” Salah satunya mahkota kaki, jendolan liter’S dan kekuatan hasil tempat duduknya subiar menarik tampilan sangkar burung,” ungkapnya.

Dia menuturkan, dalam satu hari walaupun mesin manual bisa sehari mencapai sembilan perngkapan sangkar burung, dua minggu bisa mencapai 120 buah.

” Siap menjual dijual dalam sebulan sekitar 240, lima perlengkapan seharga Rp 1.4000,” ujar ibuu beranak dua ini.

Berharap, dimasa pandemi covid-19 hasil kerajinan sangkar burung ini kembali normal kembali dan kedepan semoga ada dermawan atau donatour yang siap iklas membantu.

” Mudah-mudahan saja ada yang iba melihat situasi dan kondisi untuk pengrajin seorang ibu, juga prekonomian kembali normal seperti biasa,” pungkas Nining, singkat.

(Dedi Rrh)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer