oleh

Petani Palawija Dimasa Pandemi Prospek Menggiurkan, Harapkan Bantuan Modal

Infosembilan – Cianjur l Budidaya Umbi Ungu yang berlokasi di Kampung Babakan Cimangu, RT 03/04 Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, peluang bisnis prospek cukup menggiurkan dimasa pandemi.

Bogeg (48) salah satu petani budidaya Umbi Ungu mengatakan, tertarik menanam Umbi Ungu karena pangsa pasar saat ini. menggiurkan terutama untuk harga jual cukup lumayan tinggi, dengan harga Rp 3500 kg jual kirim pasar. Atau ada yang beli ditempat kebun saya sendiri seperti pengepul dengan harga 2500 kilogram (kg).

“Dari bulan Mei 2021 tiga bulan sebelumnya, saya bertanam Umbi Ungu di luas tanah sekitar seribu meter persegi,dengan cara mengaris/sekat tanah, bikin gumpalan tanah, pingirnya dikasih air biar hasilnya bisa jadi memuaskan” ujar Bogeg, kepada Infosembilan, Minggu (12/09/2021).

Bogel menjelaskan, Massa panen Umbi Ungu dari mulai awal tanam, sampai tiga bulan setengah kedepan sudah bisa dipanen, sementara batang sama akarnya bisa jadi benih lagi.

” Ya, tinggal ditanam pakai Pupuk Orea tumbuh lagi,bermodal hanya satu kali, cuman berat diongkos beli Pupuk,” jelasnya.

Umbi Ungu masih kata Bogel, juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga tepat untuk dikomsumsi menjalani diet atau menjaga berat badan.

“Dari Umbi Ungu, karena memiliki kadar kandungan protein karbohidrat kompleks di dalamnya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dengan jerih payah membudidayakan Umbi, Ungu akan mengahasilkan buat peningkatan tarap ekonomi. Kedepan, semoga ada penyuluhan dari dinas terkait terutama petani Umbi Ungu, saya berharap ada perhatian serius dari pemerintah.

” Karena dengan adanya budidaya Umbi Ungu akan menambah sektor perekonomian masyarakat manfaatnya orang banyak, ” pungkas Bogel.

(Dnrc)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer