oleh

Ramai, Pemilik Seblak Warung GAWIR di Kunjungi Pembeli

CIANJUR – Salah satu kuliner jajanan populer di Cianjur, seblak masih ramai peminat. Namun, kebanyakan pengusaha memasarkan seblak dalam kondisi “dadakan”, yaitu seblak dimasak di tempat dalam kondisi basah dan disajikan selagi hangat.

Beru 3 tahun, mereka masih menerima laba dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Ratih berbagi niat mereka kepada wartawan pajajaran dalam upaya misi memasyarakatkan seblak sebagai cemilan khas Cianjur yang familiar di nusantara.

“Ratih tertarik dalam dunia bisnis, Ia lantas meninggalkan pekerjaannya di Jakarta dan kembali ke kampung halamannya di kawasan leuwi bungur dan memulai usaha seblak pada tahun 2017 Ratih, menjadi partner bisnis, utamanya di bidang produksi. Seblak sudah akrab di telinga orang Sunda.

Lanjut dia, untuk wilayah lain masyarakat mungkin asing dengan istilah tersebut. Ratih pun menerangkan sekilas apa itu seblak. Ia merupakan cemilan yang berbahan dasar kerupuk udang. Tapi, cara pembuatannya tidak digoreng lantas mengembang. Kerupuk mentah digoreng setengah matang dengan teknik tertentu, bersama cabai dan racikan bumbu khusus, di antaranya, bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa.

Menurutnya seblak terbagi dua jenis, yakni basah dan kering. Seblak basah bertekstur kenyal, pedas, dan lengket. Ia kerap dimasak dengan beragam campuran, misalnya, sayuran, daging, telur, atau apa pun sesuai kreasi dan selera koki.

Dalam usahanya, mereka pun mencari peluang kepraktisan dengan tidak membuat seblak basah. “Sopi itu sudah ahli membuat seblak basah dan kering,, dia juga sempat berjualan seblak hasil buatannya sendiri,” ujar Ratih.

Kampung leuwi bungur Desa sukagalih Kecamatan Cikalongkulon sebagai salah satu pusat lintasan antar cianjur jonggol Ratih mempromosikan Hasilnya, dari mulut ke mulut Seblak warung GAWIER populer dan menjadi camilan, Ratih juga memperluas pemasaran via media sosial. Ia menawarkan kepada teman-teman juga berpromosi di media sosial milik akun pribadi, Menurut Sopi (Pembeli), tak ada rahasia selain sukses muluk-muluk dalam menjalankan bisnis seblak. Sebab, semua orang pun sudah tahu, kesuksesan diraih dengan tidak berhentiā€,Tuturnya. (zn)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer