oleh

Rencana Pendopo Kabupaten Cianjur Selatan di Kecamatan Sindangbarang dan perkantoran di Desa Mekarlaksana

CIANJUR – Rencana persiapan ‘Pemekaran’,  Cianjur Selatan (Cisel) ingin pisah bisa mandiri menjadi Calon Daerah Otonomi Baru (C-DOB) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjadi prioritas 14 kecamatan.

Adapun wilayah Kabupaten Cianjur Selatan, nantinya akan mencakup 14 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sindangbarang, Naringgul, Cidaun, Agrabinta, Leles, Cibinong, Tanggeung, Pagelaran, Sukanagara, Pasirkuda, Cikadu, Cijati, Kadupandak dan terkahir Kecamatan Takokak.

Plt Bupati mengatakan, proses perjalanan pemekaran Cisel cukup panjang. Sehingga, akan terus mengawal pelaksanaan DOB ini sampai tuntas.

Jelas Herman, pemekaran Cisel harga mati. Jadi, harus terus dikawal oleh semua pihak, pada saat moratorium dibuka oleh Pemerintah Pusat nantinya.

“Cianjur Selatan menjadi prioritas,” katanya, sehingga masuk nominasi menjadi Kabupaten, Selasa (14/7/2020) kepada awak media.

Masih sambung selaku pemangku kebijakan di Cianjur saat ini, mengenai kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur Selatan sudah disiapkan, rencananya titik lokasinya di Desa Mekarlaksna, Kecamatan Sindangbarang.

“Nah, itu nanti akan dibuat perkantoran. Dan, bekas kantor Kecamatan Sindangbarang, akan jadi Ibu Kota,” jelas Herman, untuk Kabupaten Cianjur Selatan.

Hal senada masih kata Plt Bupati Cianjur menyampaikan, tahun 2021 infrastruktur akan jadi prioritas, baik itu kantor Penodopo Kabupaten Cisel, juga infrastruktur akses jalan, yang ada di sini.

“Mudah-mudahan dengan dibagi dua, kedepanya bisa mempercepat pembangunan, baik untuk Cianjur Kota maupun Cianjur Utara,” ujar Herman.

Herman menyerahkan, surat persetujuan  bersama pemekaran DOB Cianjur Selatan kepada Ketua PMCK Ceng Badri. Dan, dirinya pastikan Daerah Otonom Baru (DOB) menjadi prioritas utama, guna akselerasi pembangunan di wilayah Cianjur Selatan.

Acara persiapan Calon Daerah Otonomi Baru (C-DOB) tersebut, bahkan langsung dilaunchingkan bersama, pemekaran DOB Cianjur Selatan, di alun-alun Kecamatan Sindangbarang, kemarin Senin (13/7/2020).

Launching langsung dipimpin oleh Plt Bupati Cianjur, H. Herman Suherman bersama Ketua DPRD Cianjur, dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Ade Berkah, para Kepala OPD, Forkopimda, Forkompimcam, anggota DPRD Cianjur, para kapolsek, para camat dan para kade, PMCK, RESPECK, juga masyarakat Cianjur Selatan pada khusus.

Terpisah, Ketua Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), Ceng Badri mengatakan, eksekutif dan legislatif Kabupaten Cianjur telah menandatangani surat nota kesepakatan bersama, untuk proses pemekaran, yang akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Kini bersama-sama untuk mengawal proses pemekaran,” katanya.

Ceng Badri menambahkan, proses pemekaran ini jangan dikait-kaitkan dengan unsur politik. Karena,  proses perjuangan panjang masyarakat, ingin Cianjur Selatan mempunyai kabupaten sendiri. Artinya, bisa mandiri. 

“Supaya lebih sejahtera Kedepanya,” imbuhnya.

Tentunya, terakhir Ceng Badri menambahkan, ini merupakan sejarah. Harapan, mudah-mudahan akan menjadi semangat, untuk serta menjdi sebuah energi besar masyarakat Cianjur Selatan, bagaimana supaya bisa lebih menyemangati, bagimana membangun kebersamaan, mewujudkan persatuan, bagimana bersama-sama berpartisipasi untuk membangun daerah.

“Sangat mengapresiasi, dan menyambut baik. Semoga suatu saat nanti pemekaran bisa cepat terealesasikan sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya.(bye/red)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer