oleh

Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Tradisi Unjungan Buyut Jakatawa Perlu Dilestarikan

INDRAMAYU – Tradisi Unjungan bagi masyarakat Indramayu merupakan tradisi para leluhur yang di wariskan turun temurun oleh para leluhur, dan masih membudaya hingga saat ini, khusunya di Desa Gunungsari, kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Jumat (02/10/2020).

Seperti makam karomah Buyut Jakatawa adalah, situs atau tempat pemakaman orang terdahulu yang di segani oleh masyarakat Desa Gunungsari dan sekitarnya.

Menurut ketua panitia Kasim, “tradisi Unjungan Buyut Jakatawa, ini merupakan warisan leluhur yang patut di jaga dan di lestarikan keberadaanya, sebagai rasa Syukur atas Anugrah dan Kebesaran Allah SWT, kami mengadakan acara ritual ini sebagai bentuk penghormatan dan doa bersama, biar masyarakat Desa Gunungsari di berikan Keselamatan,” tuturnya.

Kasim menambahkan, acara tahunan ini sangat di nanti masyarakat Desa Gunungsari, rasa gotong-royong bahu membahu demi terselenggaranya acara ini begitu terasa”, ucap Kasim kepada Infosembilan

Menurut dia, untuk sumber dana pada acara Unjungan ini murni dari Swadaya Masyrakat dari hasil sumbangan warga yang bervariasi, antara 200 ribu sampai dengan 300 ribu perkeluarga.

Dengan rangkaian Acara Unjungan Buyut Jakatawa di meriahkan dengan berbagai pertunjukan, seperti Sandiwara dan tumpengan oleh kaum ibu ibu, dan di akhiri doa dan makan bersama,” Pungkasnya.(Selamet/Tono)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer