oleh

SSI Kelola Beberapa Bidang Usaha, Salah Satunya Tape Singkong

-CIANJURAN-0 views

CIANJUR – Yayasan Sawargi Siliwangi Indonesia (SSI) Selain dibidang Budaya seni tradisi dan Agama, juga menekuni bidang usaha. Salahsatunya usaha tape singkong. dikelola oleh Sawargi Siliwangi Indonesia merupakan Usaha turun menurun yang dimiliki oleh Orang Tua Ketua umum Sawargi Siliwangi Indonesia.

“Yayasan Sawargi Siliwangi Indonesia selain membidangi Budaya seni tradisi dan Agama, kita juga mengelola bidang usaha berbagai jenis usaha. Salahsatunya yaitu Tape Singkong,” ujar Dadang RH, Saat diwawancarai disekretariat DPP Sawargi Siliwangi Indonesia, Kampung Irigasi, Desa Cikondang kecamatan Cibeber,” Jum’at (1/7/2022).

Ia menjelaskan, adapaun usaha Tape milik ini adalah pewaris orang tua saya, sudah dijalani secara turun temurun sejak tahun 50 silam.

“Kalau saya sendiri sebagai pengelola, pemasaran produk tape ini,” ujarnya.

Dia menuturkan, usaha tersebut bisa sampai Puluhan Ton dari beberapa pengusaha tape singkong yang ada di wilayah nya, kalau untuk yg dikelola Saya sehari bisa menjual beberapa kwintal tape Singkong.

” Dan mengurangi pengangguran, dan harus nya para pengusaha tape singkong yang ada di sini Harus ada perhatian dari pihak pemerintah dong,” ungkapnya.

Dadang RH menjelaskan, Saya heran kenapa Dinas terkait maupun pemerintah daerah tidak pernah memperhatikan para pengusaha tape singkong ini.

“Kan sudah jelas membawa nama baik daerah Cianjur, jhususnya kecamatan Cibeber,” jelasnya.

Coba bayangkan, Kalau pemerintahan ikut adil atau memberi perberdayaan pada pengusaha maupun pekerja pembuat Tape singkong pastinya akan lebih Semangat lagi buat kita semua.

“Kebutuhan Singkong untuk dijadikan tape itu sehari bisa puluhan ton singkong yang dibutuhkan para pengusaha tape singkong disini, dengan kebutuhan Singkong sangat besar kadang suka beli singkong dikabupaten diluar cianjur,” terang nya

Saya berharap pada dinas terkait maupun pemerintah bisa memberikan Solusi bagaimana caranya pada pengusaha tape tidak kesulitan membeli Singkong.

“Di Cianjur kan banyak tanah Negara yang bisa digarap oleh para petani untuk ditanami singkong, nanti singkong dari penggarap bisa dibeli seperti saya,” pungkasnya.

(A A)

pasang iklan anda

Komentar