oleh

Tancap Gass, Pemdes Sukagalih Geber Sosialisasi Budidaya Magot

-RAGAM-0 views

CIANJUR – Pemerintah Desa Sukagalih, Kecamatan Cikalongkulon, menggelar sosialisasi budidaya maggot atau larva Black Soldier Fly (BSF), di Aula Desa Sukagalih, Senin (28/2/2022) siang.

Pengembangan larva juga bermanfaat dalam mengelola limbah sampah dan limbah rumah tangga di masyarakat sebagai pakan magot.

” Pakan alternatif, guna menimalisir pengurangan sampah organik,” ujar Kades Sukagalih, Dudi Aryadikara saat ditemui langsung Infosembilan.

Ia menambahkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk karya nyata dari mahasiswa KKN, juga mengundang BNN, Desa Sukagalih sudah masuk pailot projeck berkenaan dengan masalah narkoba.

” Memang penanganan hanya satu yaitu di desa kami, alhamdulilah mahasiswa juga menggandeng PKPS kemitraan berhubungan dengan budidaya Magot atau untuk solusi mengatasi sampah,” tuturnya.

Jadi, masih tutur Dudi, saya ucapkan banyak terimakasih ke mahasiswa KKN yang telah menggandeng kedua lembaga tersebut.

” Mudah- mudahan bisa diterapkan di Desa Sukagalih dan insyaallah kedepan akan ditindaklanjuti selesai sosialisasi ini,” ucapnya.

Dudi menjelaskan, pada bulan maret depan akan mengundang para RT dan RW juga kader posyandu. Jadi, ada dua pilihan apakah menggunakan Margot apa sistem kompos nantinya.

” Atau dua-duanya akan digunakan, salah satunya penggunaan kompos nanti ada nilai jualnya sesuai dengan program pemerintah yang 20% untuk budidaya ternak,” ujarnya.

Dia berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi budidaya margot menjadi solusi dan langkah terbaik dalam mengatasi masalah sampah.

” Khususnya di Desa Sukagalih,” pungkasnya.

(Dedi Rohendi)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer