oleh

Tekan Angka Kematian, Ini Peran Aktif Anggota TNI Boyolali

-KESEHATAN-11 views

INFOSEMBILAN I BOYOLALI – Anggota TNI, Babinsa Babadan Koramil 10 Sambi Kodim 0724 Boyolali Koptu Fathur melaksanakan pendampingan kegiatan posyandu balita dan ibu hamil (Bumil), di Pos Kesehatan Desa ( PKD ), Desa Babadan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Selasa (2/11/2021).

Koptu Fathur selaku Babinsa juga mengatakan, adanya posyandu di setiap desa diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah, baik tentang kesehatan balita maupun menekan angka kematian.

“Semoga dengan posyandu akan selalu terwujud balita sehat dan kuat sesuai program pemerintah,” katanya.

Dia menuturkan, karena balita merupakan cikal bakal kelak tumbuh dewasa. Dan, akan menggantikan generasi tua. Kehadiran babinsa dalam kegiatan ini selain memberikan rasa aman kepada warganya, juga mengontrol sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) apa tidak.

“Kalau tidak sesuai pastinya akan ditegur dan diedukasi,” tutupnya.

Sementara itu, bidan Desa Babadan Dewi mengatakan, posyandu adalah wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dibantu oleh petugas kesehatan. Adapun tujuan posyandu itu sendiri antara lain untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas.

“Selain itu untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan,” terang Dewi.

Dia menambahkan, pendampingan Posyandu khususnya Posyandu Balita sangat positif karena bisa mengajak dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk melaksanakan penimbangan bayinya.

“Sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa kita pantau,” tandasnya. (Gus)

Redaktur: Mamat M

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer