oleh

Tingkatkan IPM dan PAD, Forum RT RW Cianjur Gelar Kerjasama Dengan BJB

-RAGAM-172 views

Infosembilan – Cianjur | Dalam rangka era Digitalisasi, Pemerintah bekerjsama dengan Forum RT & RW Kabupaten serta BJB cabang Cianjur, Jum’at, (24/9/2021). Aula Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah.

Pemerintah telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan serta pemberdayaan ekonomi keluarga berbasis RT dan RW tahun 2021.

Ketua Forum RW-RT H. Daseng Halimi menyebut, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT & RW ini, sangat penting untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi akar rumput yang paling dekat juga bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” ujarnya.

Ia menegaskan, tugas dan pungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa atau kelurahan, terutama dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat. Seperti, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW, untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah Desa,” ucap Daseng.

Dia menambahkan, adapun kegiatan ini sesuai dengan Perbub No 37 tahun 2019, agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT/RW.

” Terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT & RW, jangan sampai salah tapsir,” pungkasnya.

Sementara, ketua Forum RT RW Kecamatan Karangtengah Ade Bunyamin menerangkan, Intinya hari ini bersilaturahmi seluruh pengurus kecamatan karangtengah.

” Didalamnya terdapat penyampaian program pemerintah kabupaten Cianjur, dalam rangka era Digitalisasi bekerjasama dengan forum RT dan RW serta BJB cabang Cianjur,” terang Ade.

Lanjutnya, pada dasarnya yang hadir dalam kegiatan ini hanya pengurus forum, kabupaten, kecamatan, dan tingkat Desa, beserta narasumber dari BJB.

” Terkait IPM sesuai visi misi kabupaten Cianjur, dalam hal ini karena kami kepanjangan tangan dari forum kabupaten atau Pemda, kami akan mengawal dan berusaha berpartisipasi dalam melaksanakan semua program pemerintah kabupaten Cianjur,” tuturnya.

” Dan untuk cara meningkatkan PAD, salah satunya adalah kerjasama dengan BJB ini, dikembangkannya Digital Cash BJB melalui aplikasi dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi dengan mengubah budaya atau kebiasaan yang tadinya tunai menjadi non tunai,” tambahnya.

Dan terakhir Ade berharap, sebagai salah satu bentuk mendukung program pemerintah dalam rangka era digitalisasi. Forum RT & RW kecamatan Karangtengah bisa menyerap dan menerima program ini.

” Mudah – mudahan kami Forum RT & RW kecamatan Karangtengah bisa menyerap dan menerima program ini, sebagai salah satu bentuk mendukung program pemerintah dalam rangka era digitalisasi ini,” pungkasnya.

Liputan : Dinda

pasang iklan anda

Komentar