oleh

Tradisi Khas Kaulinan Sunda Bebeletokan Hampir Punah

-CIANJURAN-66 views

INFOSEMBILAN I CIANJUR – Generasi muda di zaman modern sangat familiar bisa dimainkan di smartphone, game online ini memang seru dan sangat variatif. Namun permainan tradisional sunda tak kalah menarik untuk dimainkan.

Seperti halnya permainan tradisional yang beralamat di Kampung Tarikolot RT 01/06, Sukamanah – Cugenang, permainan pistol yang terbuat dari sebatang bambu kecil saat ini sangat diminati usia anak kecil.

Ipan (30), yang mempunyai ide sekaligus pengrajin pistol mengungkapkan, macam permainan pistol ini selain menarik juga mudah didapatkan, cukup hanya sebatang pohon bambu ukuran kecil.

” Dengan cara dipotong, sesuai selera yang diinginkan, lalu dipersiapkan peluru dari bahan macam – macam buku atau kertas,” ungkapnya, saat dihubungi infosembilan, Senin (24/1/2022).

Nah, dengan cara ini anak – anak bisa bermain perang-perangan sesuai yang diinginkan, tentunya tidak terlepas pengawasan dari orang tua masing-masing.

” Alhamdulilah, kalau beli pistol mainan dari plastik cukup mahal, apalagi di Toko – toko tidak bisa kebeli,” tutur Ipan.

Menurutnya, permainan modern tidak kalah menarik, dengan hadirnya permainan tradisional sunda ini bisa memotifasi, terutama anak-anak usia dini.

” Dengan harapan, mainan tradisi budaya sunda ini dapat dipertahankan, dan jangan sampai punah apalagi menghilang,” pungkasnya.

(Dedi Rohendi)

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer