oleh

Wisata Kebon Hejo, Kades Cibaregbeg : Sejengkal Tanah Sejuta Manfaat

INFOSEMBILAN I CIANJUR – Inovasi destinasi wisata Kebon hejo berlokasi yang tidak jauh dari Kecamatan sekitar puluhan kilo meter jarak yang ditempuh, tepatnya di Kampung Cingkeuk Jalan Lapang Paminggir, desa Cibaregbeg, Kecamatan Cibeber-Cianjur- Jawa Barat.

Nama destinasi wisata Kebon Hejo, dulu berasal dari lahan terlantar awal mulanya bekas galian yang terbengkalai. Nah, akhirnya ada gagasan lahan ini untuk dijadikan konsep sedemikian rupa.

” Sebetulnya dulu disini ditanami Durian, Mangga dan macam-macam buah-buahan lainnya, diatas lahan sekitar dua hektar,” kata Subuh Basarah, kepada Infosembilan, Sabtu (8/1/2022).

Ia menambahkan, awalnya terus terang disini melihat potensi bahwa pada dasarnya lahan jauh kurang produktif hanya ditumbuhi ilalang dan awalnya galian pasir juga galian batu.

” Ya, kami punya inisiatif lahan ini menjadi produktif, maka mencoba berkebun disini dengan konsep kedepannya kawasan pertanian terpadu,” ujarnya.

Subuh menjelaskan, dimana harapan kedepan terjadi ekosistem alam didalam satu lahan ini ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pertanian. Dari mulai peternakan, perikanan juga pertanian.

” Dengan harapan satu lahannya produktif, yang dulunya dianggap kritis, menjadi hijau kembali dan juga masyarakat mendapatkan penghasilan,” terang Subuh Basarah, yang juga Kades Cibaregbeg.

Jadi, masih ujarnya, kenapa konsepnya menjadi pertanian terpadu, kita sudah merencanakan bahkan sudah direalisasikan, ada pohon yang menghasilkan bulanan.

” Yaitu jeruk lemon kita tanam insyaallah tidak hanya buah tapi dapat daun dan jeruk lemonpun kedepannya secara priodik dapat memanen,” katanya.

Menurutnya, yang menjadi ciri khas wisata Kebon Hejo melaksanakan pertanian terpadu sekalipun bukan ahli petani, tetapi kita punya prinsif mempunyai sejengkal tanah sejuta manfaat.

” Yang dulunya hanya ditumbuhi ilalang dan bebatuan yang tidak karuan, akhirnya menjadi sebuah kebun yang produktif dan juga menghasilkan,” pungkas Subuh Basarah.

Keny (30) salah satu pengunjung Wisata Kebon Hejo mengungkapan, dengan adanya tempat wisata ini selain jarak tempuh tidak terlalu jauh, juga tiket masuk harganya terjangkau.

” Merasa bangga bahwa di Desa kami ada tempat wisata, dengan tiket masuk hanya lima ribu rupiah, ya menurut saya murah meriah, dengan harapan semoga kedepannya lebih baik lagi dari pada sekarang dan bisa dikenal sampai keluar negeri,” tutup Keny, singkat.

( Dedi Rohendi )

pasang iklan anda

Komentar

Berita populer